Cara Mendaftar Reksadana Online

141 views

2056352shutterstock-219755563780x390

Investasi merupakan salah satu kegiatan positif yang memiliki banyak keuntungan bagi pelakunya. Saat Anda menjajaki dunia investasi, produk investasi yang bernama reksadana merupakan salah satu produk yang paling banyak dicari oleh investor. Sehingga tak salah apabila saat ini, produk reksadana merupakan produk investasi yang sangat populer dibandingkan produk investasi lainnya. Hal ini dikarenakan reksadana memiliki berbagai macam karakteristik dan keunggulan, yang mana dua hal tersebutlah yang menjadi keunggulan tersendiri yang membuat masyarakat tertarik dengan adanya produk reksadana tersebut. Nah, bagi Anda yang ingin menggunakan produk investasi reksadana, saat ini sudah ada reksadana online yang akan sangat menguntungkan bagi investor muda saat ini.

Sudah disebutkan bahwa reksadana memiliki karakteristik dan keunggulan tersendiri yang dijadikan sebagai nilai tambah untuk melakukan investasi dengan produk tersebut. Keunggulan reksadana yang pertama adalah para investor tidak perlu menyediakan uang atau modal dalam jumlah besar untuk memulai investasi. Reksadana sendiri merupakan investasi yang bisa dimulai dengan modal antara Rp 100.000 hingga Rp 500.000 saja. Selain itu, reksadana juga memiliki varian unggulan yang kita kenal sebagai reksadana online. Maksud dari online disini Anda hanya perlu menggunakan gadget ataupun komputer yang telah tersambung dengan akses internet. Dalam kata lain, Anda sudah tidak memerlukan akses melalui ATM lagi.

Nah, saat Anda menggunakan reksadana online untuk memulai investasi, setidaknya ada dua pihak yang akan turut serta dalam partisipasi investasi yang Anda lakukan. Pihak pertama yang akan berinvestasi adalah seorang manajer investasi. Yang mana manajer investasi ini menjadi sebuah koki atau dalam dunia investasi dikenal sebagai perusahaan yang melakukan pengelolaan portofolio seseorang yang akan melakukan investasi. Dan pihak kedua yang ikut berpartisipasi adalah custodian bank. Pihak custodian investasi akan menyimpan dana yang sudah diinvestasikan, mendokumentasi segala aset yang ada dan juga mengawasi perkembangan investasi yang dilakukan. Sedangkan pihak manajer investasi bergerak dalam penjualan reksadana yang dimilikinya. Walaupun sedikit rumit, namun apabila Anda sudah terbiasa melakukan investasi reksadana secaa online ini, Anda akan terbiasa nantinya.

Cara pertama yang harus dilakukan apabila Anda ingin berinvestasi reksadana online adalah dengan mendaftarkan diri pada manajer investasi dan bank custodian dahulu. Jika sudah menentukan manajer dan bank custodian mana yang akan dijadikan sebagai lahan investasi, Anda perlu mengisi formulir untuk membuka rekening yang akan dijadikan sebagai tempat untuk memulai investasi. Formulir yang harus Anda isikan mencangkup dokumen atau data pribadi. Mengenai data apa saja yang harus diisikan, biasanya setiap pihak yang terkait dalam investasi memiliki berkas pendaftaran investasi masing-masing. Namun yang paling utama adalah nama, nomor telepon dan alamat saat ini. Semua data harus diisi dengan benar, agar Anda bisa mudah apabila suatu saat nanti mendapatkan kesulitan dalam berinvestasi.

Setelah mengisi data yang ada, pelaku investasi reksadana online harus mengamati ketentuan dan juga syarat-syarat yang sudah ditentukan sebelum. Bacalah dengan teliti agar saat Anda melakukan investasi reksadana, tidak ada kesalahan ataupun kesalahpahaman. Selain itu, pelaku investasi reksadana secara online juga harus mengisikan profil resiko untuk nasabah. Apabila semua hal tersebut sudah Anda lakukan, Anda hanya perlu melakukan aktivasi yang menandakan bahwa Anda sudah berinvestasi pada reksadana. Jika dilihat dari cara mendaftarnya, reksadana yang dilakukan secara online tidak jauh berbeda dengan reksadana offline. Yang membedakan hanya pada kemudahan dan juga kepraktisan dalam menjalankan investasi saja.