Manajer Investasi Terbesar Di Indonesia Hanya Dimiliki 10 Perusahaan

23 views

Seorang analis Infovesta Utama, Yoanita Rianti mengatakan besarnya porsi manajer investasi terbesar dipicu karena banyaknya macam-macam produk reksadana yang ditawarkan. Ada pula faktor lainnya yaitu kemudahan akses investasi reksadana yang ditawarkan manajer investasi juga turut mendorong masuknya investor sehingga menambah dana yang dikelola.

manajer-investasi-terbesar-di-dunia-alami-penurunan-laba-20-n5hUlr8uOp

            Belum merata nya industri reksadana, masyoritas disebabkan oleh semakin ketatnya persaingan penawaran prodak oleh manajer investasi. adanya strategi investasi apik serta pilihan underlying asset reksadana bisa menjadi salah satu pertimbangan investor sebelum akhirnya masuk ke dalam produk tersebut.

Manajer Investasi Terbesar Yang Menguasai Indonesia

            Industri di bidang reksadana masih memang belum merata. Dana kelolaan reksadana yang ada di Indonesia hanya dikuasai oleh sepuluh perusahaan manajer investasi besar. Infovesta Utama tercatat dari total dana kelolaan sebesar Rp 242,96 triliun pada akhir Maret tahun 2015, sekitar Rp 176,45 triliun diantaranya disumbang oleh sepuluh manajer investasi. Perusahaan asing seperti PT Schroder Investment Management Indonesia sudah mendominasi dengan total dana kelolaan sebesar Rp 46,23 triliun.

            Kemudian, ada PT BNP Paribas Investment Partners yang menggenggam dana kelolaan sebesar Rp 26,67 triliun. Serta di posisi ketiga merupakan PT Mandiri Manajemen Investasi yang mencatat dana yang dikelolaanya sebesar Rp 21,9 triliun. Perusahaan lainnya yang masuk sepuluh besar adalah, PT Bahana TCW Investment Management, PT Manulife Aset Manajemen, dan PT Batavia Prosperindo Aset Manajemen. Selanjutnya ada PT BNI Asset Management, PT Panin Asset Management, PT Danareksa Investment Management serta PT Trimegah Asset Management.

            Walaupun begitu, pasar modal juga akan segera menghadapi tantangan dari dunia seperti adanya kenaikan suku bunga acuan bank sentral di Amerika Serikat, the Fed, adanya risiko Yunani serta terjadinya perlambatan ekonomi di Tiongkok. Faktor tersebut dikhawatirkan dapat memicu keluarnya dana asing atau capital outflow dari pasar modal Indonesia.

            Demikian artikel tentang manager investasi terbaik di Indonesia ternyata hanya dimiliki oleh 10 perusahaan. Bahkan beberapa diantaranya adalah perusahaan asing. Semoga ulasan ini dapat bermanfaat.

 

Leave a reply "Manajer Investasi Terbesar Di Indonesia Hanya Dimiliki 10 Perusahaan"